Loading...

4 Penyakit Mata yang paling Umum Diderita Manusia

Matakunesia - Mata merupakan salah satu organ vital manusia yang sangat rentan terhadap penyakit mulai dari yang ringan hingga berat. Bahkan, hal sepele seperti debu atau polusi pun bisa menjadi salah satu penyebab paling sering terjadinya masalah pada mata. Oleh karena itulah kita harus tetap menjaga mata kita supaya tetap sehat dan terlindungi.

Tapi kali ini, Matakunesia tak akan membahas tentang apa saja penyebab dan cara mengatasi masalah pada mata secara mendetail. Kali ini kita akan coba berfokus pada sejumlah penyakit mamta yang harus kalian hindari. Dengan mengetahui sejumlah penyakit mata ini diharapkan bisa menambah pengetahuan kalian agar lebih berhati-hati.

Penyakit Mata
4 Penyakit Mata yang paling Umum Diderita Manusia

Seperti diketahui bahwa ada pepatah yang mengatakan "Lebih baik mencegah daripada mengobati". Bagaimana cara mencegah? Salah satunya adalah dengan mengetahui bahaya tersebut sejak dini. Inilah yang akan kita lakukan di artikel ini!

Okay sahabat Matakunesia, kita mulai saja masuk ke topik pembahasan utama ya. Berikut adalah sejumlah penyakit mata yang paling sering terjadi pada manusia:

1. Mata Rabun

Penyakit mata pertama yang paling sering terjadi yaitu mata rabun. Adapun untuk mata rabun ini bisa dibagi dalam dua jenis yaitu rabun jauh dan rabun dekat.

- Rabun Jauh merupakan sebuah penyakit mata yang kondisinya adalah objek yang dekat akan terlihat dengan jelas namun untuk objek yang berada di kejauhan akan terlihat kabur. Biasanya juga disebut dengan istilah Miopia.

- Rabun Dekat adalah kebalikan dari rabun jauh yaitu penyakit mata yang kondisinya akan melihat objek dikejauhan dengan jelas namun saat melihat objek yang dekat justru kabur.

2. Mata Silinder

Penyakit yang mempunyai istilah medis astigmatism ini merupakan kondisi mata dengan penglihatan berbayang karena tidak cembungnya bentuk dari kornea. Adapun untuk gejala dari penderita mata silinder yaitu penglihatan yang tiba-tiba berbayang tanpa sebab. Bahkan untuk penderita mata silinder yang parah akan berdampak pada rasa pusing.

Baca juga: (Mata Berpasir? Ini Cara Mengobatinya!)

3. Mata Berpasir

Perasaan seperti ada yang mengganjal di mata, namun ketika diperiksa tidak terdapat apapun di dalamnya. Telah dicoba untuk dibersihkan dengan berbagai macam cara, tetapi tak kunjung usai. Ini biasanya terjadi bukan karena kotoran atau debu di dalam mata kita, namun karena adanya kelelahan terhadap mata. Kebanyakkan mereka yang telah bekerja hingga larut malam atau aktivitas lain yang membuat mata bekerja di luar batas. Sebaiknya kamu istirahatkan mata jika merasa seperti ini. Ingat, jangan dikucek!

4. Katarak

Penyakit yang sangat sering terjadi pada orang berusia lanjut. Apakah kamu masih muda saat ini? Tapi suatu saat nanti kamu juga akan menua! Katarak merupakan bagian keruh yang terdapat di lensa mata dan bakal melakukan pengaburan penglihatan. Adapun lensa mata yang bagian transparan di belakang pupil mempunyai fungsi untuk memfokuskan cahaya untuk lapisan retina. Nampaknya untuk penyakit ini agak sulit untuk dicegah namun tetap bisa diperjuangkan dengan pola hidup yang sehat. Konsumsi vitamin A serta istirahat yang cukup untuk mata.

Itulah 4 Penyakit mata yang paling Umum Diderita dan menyerang manusia. Sekarang, kamu sudah bisa mengetahuinya. Semoga bermanfaat!
Penyakit 3115309225284336646

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Popular Posts

Kategori Helm

Random Posts