Loading...

Bahaya Lasik Mata Sebelum Kalian Menyesal

Perkembangan teknologi di dunia kesehatan memang sangat bermanfaat namun ternyata juga ada bahaya yang mengintai. Bahaya yang dimaksud juga termasuk untuk operasi lasik mata yang belakangan ini sering dilakukan. Merasa bosan karena menggunakan kacamata, banyak orang yang berbondong-bondong melakukan operasi lasik. Padahal, operasi lasik mata bisa dibilang bukan tanpa risiko yang berbahaya. Lalu apa bahaya dari lasik mata? Simak penjelasannya di bawah ini!

Bahaya Operasi Lasik Mata

Apa itu Lasik?
Lasik mata merupakan sebuah operasi yang dilakukan untuk mengobati penyakit mata seperti rabun jauh, dekat, dan artigmatisme. Lasik sendiri merupakan singkatan dari 'Laser Assisted in Situ Keratomileusis'.

Apa alat yang digunakan?
Operasi lasik dilakukan dengan sebuah laser yang dipergunakan untuk menyayat dalam stroma kornea lalu sebuah lapisan tipis di dalamnya akan dikeluarkan. Nantinya dokter akan menciptakan sebuah flap tipis di kornea mata kalian dengan menggunakan laser. Kemudian dokter akan melipat kembali flap tersebut dengan menggunakan laser excimer. Flap itu nantinya akan dikembalikan ke tempat asalnya.

Laser Lasik

Bahaya Lasik
Ternyata melakukan lasik pada mata juga bisa sangat berbahaya apabila tidak mengetahui tentang ketentuan dan persyaratan yang harus dilakukan. Berikut ini merupakan hal yang berbahaya dilakukan saat menjalani proses operasi lasik pada mata.

1. Menggunakan Soft Lenses
Untuk siapapun yang ingin melakukan lasik pada mata, dilarang untuk menggunakan soflens dengan alasan apapun. Jika Anda masih melakukannya, ini akan sangat berbahaya bagi mata.

Anda harus melepaskan soflens selama 2 minggu sebelum melakukan evaluasi awal untuk proses operasi lasik mata.

2. Penggunaan Rigit Gas Permeable Lenses
Kurang lebih sama dengan soflens, penggunaan RGP Lenses juga sangat dilarang. Bahkan, Anda harus melepaskannya selama 3 minggu sebelum evaluasi pertama dalam proses operasi lasik.

3. Hard Lenses
Setelah soflens dan RGP Lenses juga dilarang, Anda juga tidak boleh menggunakan hard lenses selama 4 minggu sebelum evaluasi pertama. Ini yang paling berbahaya jika Anda melanggarnya.

4. Krim, lotion, make up dan parfum
Anda dilarang untuk menggunakan peralatan seperti krim, lotion, make up dan parfum serta mungkin produk yang sejenisnya. Hal ini karena pada waktu melakukan operasi lasik, mata akan sangat sensitif dan tidak bisa menerima efek dari produk-produk yang disebutkan tadi.

Anda dilarang menggunakannya sekitar 1-2 hari sebelum operasi. Lalu setelah operasi, Anda dilarang menggunakannya selama paling sebentar 2 minggu.

5. Olahraga
Anda juga dilarang untuk berolahraga 3 hari sebelum operasi lasik mata. Untuk setelah operasi, Anda dilarang untuk berolahraga apapun selama 1 minggu penuh. Lalu untuk berkegiatan berat, Anda dilarang melakukannya paling sebentar 1 bulan.

6. Pelindung Mata
Pada malam hari, Anda diwajibkan untuk menggunakan pelindung mata pada malam hari selama 1 bulan penuh.

7. Air
Anda tidak boleh berendam, berenang, atau mandi air hangat selama 2 bulan. Anda harus memperhatikan sekali poin kali ini karena cukup berbahaya untuk mata Anda.

Berapa biaya operasi Lasik?
Dengan prosedur yang lumayan membahayakan jika tidak dilakukan dengan hati-hati, ternyata biaya operasi lasik tidak terlalu mahal.

Biaya operasi lasik sekitar Rp12,5 juta.

Mata 2750857604514439412

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Popular Posts

Kategori Helm

Random Posts